Minggu, 12 Maret 2017

KECERDASAN BUATAN - DEFINISI ARTIFICIAL INTELLIGENCE ( Pertemuan 1)

KECERDASAN BUATAN
“PENDAHULUAN”
 
  
  
1.      Latar Belakang            
Kecerdasan buatan adalah simulasi proses kecerdasan manusia dengan mesin, terutama sistem komputer. Proses ini termasuk belajar (perolehan informasi dan aturan untuk menggunakan informasi), penalaran (menggunakan aturan untuk mencapai kesimpulan perkiraan atau pasti), dan koreksi diri. aplikasi tertentu AI termasuk sistem pakar, pengenalan suara dan visi mesin
Rekayasa pengetahuan adalah bagian inti dari penelitian AI. Mesin sering dapat bertindak dan bereaksi seperti manusia hanya jika mereka memiliki informasi berlimpah yang berkaitan dengan dunia. kecerdasan buatan harus memiliki akses ke obyek, kategori, sifat dan hubungan antara semua dari mereka untuk menerapkan pengetahuan teknik. Memulai akal sehat, penalaran dan daya pemecahan masalah di mesin adalah pendekatan sulit dan membosankan. Pembelajaran mesin adalah bagian inti lain dari AI. Belajar tanpa jenis pengawasan memerlukan kemampuan untuk mengidentifikasi pola dalam aliran input, sedangkan belajar dengan pengawasan yang memadai melibatkan klasifikasi dan regresi numerik. Klasifikasi menentukan kategori obyek milik dan regresi penawaran dengan mendapatkan satu set numerik input atau output contoh, sehingga menemukan fungsi memungkinkan generasi output yang cocok dari input masing-masing. analisis matematis dari algoritma mesin pembelajaran dan kinerja mereka adalah cabang yang didefinisikan dengan baik teori ilmu komputer sering disebut teori belajar sebagai komputasi. Persepsi mesin penawaran dengan kemampuan untuk menggunakan input sensorik untuk menyimpulkan aspek yang berbeda dari dunia, sementara visi komputer adalah kekuatan untuk menganalisis input visual yang dengan beberapa sub-masalah seperti wajah, objek dan pengakuan isyarat. Robotika juga merupakan bidang utama yang berhubungan dengan AI. Robot membutuhkan kecerdasan untuk menangani tugas-tugas seperti manipulasi obyek dan navigasi, bersama dengan sub-masalah lokalisasi, perencanaan gerak dan pemetaan.
AI diciptakan oleh John McCarthy, seorang ilmuwan komputer Amerika, pada tahun 1956 di The Dartmouth Conference mana disiplin lahir. Hari ini, adalah istilah umum yang mencakup segala sesuatu dari otomatisasi proses robot untuk robotika yang sebenarnya. Hal ini telah menjadi terkenal baru-baru ini karena, sebagian, untuk data besar, atau peningkatan kecepatan, ukuran dan berbagai bisnis data yang kini mengoleksi. AI dapat melakukan tugas-tugas seperti mengidentifikasi pola dalam data lebih efisien daripada manusia, memungkinkan bisnis untuk mendapatkan wawasan yang lebih dari data mereka.

2.      Pembahasan
a.      Pengertian Kecerdasan Buatan

Konsep kecerdasan buatan adalah bahwa sistem komputer dapat digunakan untuk melakukan tugas-tugas yang biasanya akan memerlukan manusia. Ini dapat berkisar dari pengenalan suara dan terjemahan ke dalam bahasa yang berbeda, semua jalan sampai persepsi visual dan bahkan pengambilan keputusan. Secara garis besar, apa pun bisa dianggap kecerdasan buatan jika melibatkan program melakukan sesuatu yang kita biasanya akan berpikir akan bergantung pada kecerdasan manusia. Cukup bagaimana ini dicapai bukan titik - hanya fakta bahwa hal itu dapat dilakukan, adalah tanda kecerdasan buatan.
Kecerdasan buatan (AI) merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer yang menekankan penciptaan mesin cerdas yang bekerja dan bereaksi seperti manusia. Beberapa kegiatan komputer dengan kecerdasan buatan yang dirancang untuk mencakup:
1.      Pengenalan suara
2.      pengetahuan
3.      perencanaan
4.      Penyelesaian masalah

b.      Jenis kecerdasan buatan
AI dapat dikategorikan dalam berbagai cara, tapi di sini adalah dua contoh. Pertama mengklasifikasikan sistem AI baik sebagai AI lemah atau AI yang kuat. Lemah AI, juga dikenal sebagai AI sempit, adalah sistem AI yang dirancang dan dilatih untuk suatu tugas tertentu. asisten pribadi virtual, seperti Apple Siri, adalah bentuk lemah AI. AI kuat, juga dikenal sebagai kecerdasan umum buatan, adalah sistem AI dengan kemampuan kognitif manusia umum sehingga ketika disajikan dengan tugas yang asing, ia memiliki cukup kecerdasan untuk menemukan solusi. Turing Test, yang dikembangkan oleh matematikawan Alan Turing pada tahun 1950, adalah metode yang digunakan untuk menentukan apakah komputer benar-benar dapat berpikir seperti manusia, meskipun metode ini kontroversial.
Contoh kedua adalah dari Arend Hintze, asisten profesor integratif biologi dan ilmu komputer dan teknik di Michigan State University. Dia mengkategorikan AI menjadi empat jenis, dari jenis sistem AI yang ada saat ini untuk sistem hidup, yang belum ada. kategori nya adalah sebagai berikut:
·   Jenis 1: mesin Reaktif. Contohnya adalah Deep Blue, program catur IBM yang mengalahkan Garry Kasparov di tahun 1990-an. Deep Blue dapat mengidentifikasi potongan di papan catur dan membuat prediksi, tetapi tidak memiliki memori dan tidak dapat menggunakan pengalaman masa lalu untuk menginformasikan orang-orang di masa depan. Ini analisis mungkin bergerak - sendiri dan lawan - dan memilih langkah yang paling strategis. Deep Blue dan AlphaGO Google dirancang untuk tujuan sempit dan tidak dapat dengan mudah diterapkan pada situasi lain.
·         Tipe 2: memori terbatas. Sistem AI dapat menggunakan pengalaman masa lalu untuk menginformasikan keputusan masa depan. Beberapa fungsi pengambilan keputusan di kendaraan otonom telah dirancang dengan cara ini. Observasi yang digunakan untuk menginformasikan tindakan terjadi dalam waktu yang tidak terlalu jauh, seperti mobil yang memiliki jalur berubah. Observasi ini tidak disimpan secara permanen.
·         Tipe 3: Teori pikiran. Ini adalah istilah psikologi. Hal ini mengacu pada pemahaman bahwa orang lain memiliki keyakinan mereka sendiri, keinginan dan niat yang mempengaruhi keputusan yang mereka buat. semacam ini AI belum ada.
·          Tipe 4: Kesadaran diri. Dalam kategori ini, sistem AI memiliki rasa diri, memiliki kesadaran. Mesin dengan kesadaran diri memahami keadaan mereka saat ini dan dapat menggunakan informasi tersebut untuk menyimpulkan apa yang orang lain rasakan. Jenis AI belum ada
c.       Contoh teknologi AI
·        Otomatisasi adalah proses pembuatan sistem atau fungsi proses secara otomatis. otomatisasi\ 
      proses robot, misalnya, dapat diprogram untuk melakukan volume tinggi, tugas berulang 
      biasanya dilakukan oleh manusia. RPA berbeda dari IT otomatisasi dalam yang dapat 
      beradaptasi dengan keadaan yang berubah.
·        Pembelajaran mesin adalah ilmu mendapatkan komputer untuk bertindak tanpa pemrograman.
      Dalam pembelajaran adalah bagian dari pembelajaran mesin yang, dalam hal yang sangat 
      sederhana, dapat dianggap sebagai otomatisasi analisis prediktif. Ada tiga jenis algoritma 
      pembelajaran mesin: belajar diawasi, di mana data set diberi label sehingga pola dapat dideteksi
      dan digunakan untuk label set data baru; tanpa pengawasan pembelajaran, di mana data set tidak
      berlabel dan diurutkan sesuai persamaan atau perbedaan; dan penguatan pembelajaran, di mana
      data set tidak berlabel tapi, setelah melakukan suatu tindakan atau beberapa tindakan, sistem AI
      diberikan umpan balik.
·        visi mesin adalah ilmu membuat komputer melihat. visi mesin menangkap dan menganalisa
      informasi visual menggunakan kamera, analog-ke-digital konversi dan pemrosesan sinyal digital.
      Hal ini sering dibandingkan dengan penglihatan manusia, tetapi visi mesin tidak terikat oleh biologi
      dan dapat diprogram untuk melihat melalui dinding, misalnya. Hal ini digunakan dalam berbagai 
      aplikasi dari identifikasi tanda tangan untuk analisis citra medis. visi komputer, yang difokuskan pada
      mesin berbasis pengolahan citra, sering digabungkan dengan visi mesin.
·        pemrosesan bahasa alami (NLP) adalah pengolahan manusia - dan tidak komputer - bahasa oleh
      program komputer. Salah satu contoh yang lebih tua dan paling terkenal dari NLP adalah deteksi
      spam, yang terlihat di baris subjek dan teks email dan memutuskan apakah itu sampah. pendekatan
      saat ini untuk NLP didasarkan pada pembelajaran mesin. tugas NLP termasuk terjemahan teks,
      analisis sentimen dan pengenalan suara.
·        pengenalan pola adalah cabang dari pembelajaran mesin yang berfokus pada identifikasi pola dalam
     data. Istilah, hari ini, tanggal.
·       Robotika adalah bidang teknik difokuskan pada desain dan pembuatan robot. Robot yang sering 
     digunakan untuk melakukan tugas-tugas yang sulit bagi manusia untuk melakukan atau tampil 
     konsisten. Mereka digunakan dalam jalur perakitan untuk produksi mobil atau dengan NASA untuk 
     memindahkan benda-benda besar di ruang angkasa. Baru-baru ini, para peneliti menggunakan mesin
     belajar untuk membangun robot yang bisa berinteraksi dalam pengaturan sosial.
 
d.      Aplikasi AI di Berbagai Bidang
1)      AI dalam perawatan kesehatan. Taruhan terbesar adalah pada peningkatan hasil pasien dan mengurangi 
      biaya. Perusahaan yang menerapkan pembelajaran mesin untuk membuat diagnosis yang lebih baik 
      dan lebih cepat dari manusia. Salah satu teknologi kesehatan yang paling dikenal adalah IBM Watson.
      Ia mengerti bahasa alami dan mampu menanggapi pertanyaan yang diajukan itu. Tambang sistem data
      pasien dan sumber data lain yang tersedia untuk membentuk hipotesis, yang kemudian menyajikan dengan
      mencetak skema keyakinan. Aplikasi AI lainnya termasuk chatbots, sebuah program komputer yang 
      digunakan secara online untuk menjawab pertanyaan dan membantu pelanggan, untuk membantu jadwal tindak 
      lanjut janji atau pasien membantu melalui proses penagihan, dan asisten kesehatan virtual yang memberikan 
      umpan balik medis dasar.
2)      AI dalam bisnis. otomatisasi proses robot sedang diterapkan untuk tugas-tugas yang sangat berulang biasanya
      dilakukan oleh manusia. algoritma pembelajaran mesin sedang diintegrasikan ke dalam analisis dan platform 
      CRM untuk mengungkap informasi tentang bagaimana untuk lebih melayani pelanggan. Chatbots telah dimasukkan
      ke dalam website untuk memberikan layanan langsung kepada pelanggan. Otomatisasi posisi pekerjaan juga
      menjadi pembicaraan di kalangan akademisi dan IT konsultan seperti Gartner dan Forrester.
3)      AI dalam pendidikan. AI dapat mengotomatisasi grading, memberikan pendidik lebih banyak waktu. 
      AI dapat menilai siswa dan menyesuaikan dengan kebutuhan mereka, membantu mereka bekerja dengan
      langkah mereka sendiri. AI tutor dapat memberikan dukungan tambahan kepada siswa, memastikan 
      mereka tetap di jalur. AI bisa mengubah mana dan bagaimana siswa belajar, bahkan mungkin mengganti 
      beberapa guru.
4)      AI di bidang keuangan. AI diterapkan untuk aplikasi keuangan pribadi, seperti Mint atau Pajak Turbo, yang
      upending lembaga keuangan. Aplikasi seperti ini bisa mengumpulkan data pribadi dan memberikan nasihat 
      keuangan. Program lain, IBM Watson menjadi salah satu, telah diterapkan untuk proses membeli rumah. 
      Hari ini, perangkat lunak melakukan banyak perdagangan di Wall Street.
5)      AI dalam hukum. Proses penemuan, memilah-milah dokumen, dalam hukum sering melanda bagi manusia
      Mengotomatisasi proses ini adalah lebih baik menggunakan waktu dan proses yang lebih efisien. Startups juga
      membangun pertanyaan-dan-jawaban asisten komputer yang dapat menyaring pertanyaan diprogram-to-jawabannya 
      dengan memeriksa taksonomi dan ontologi terkait dengan database.
6)      AI di bidang manufaktur. Ini adalah area yang telah di garis depan menggabungkan robot ke dalam alur kerja. 
       robot industri digunakan untuk melakukan tugas-tugas tunggal dan terpisah dari pekerja manusia, tetapi sebagai 
      teknologi canggih yang berubah

e.      Keuntungan dan Kerugian AI
  •     Keuntungan dari Artificial Intelligence:
a)       Error Reduction
b)      Difficult Exploration 
c)      Daily Application 
d)     Digital Assistant  
e)      Repetitive Jobs
f)       Medical Application 
g)      No Breaks 
·      Kerugian dari Artificial Intelligence:

a)     High Cost 
b)     No Replicating Humans 
c)      No Improvement with Experience
d)     No Original Creativity

CONTOH IMPLEMENTASI AI :

3. Penutup
a.      Kesimpulan :  
Kecerdasan buatan adalah simulasi proses kecerdasan manusia dengan mesin, terutama sistem komputer. Proses ini termasuk belajar (perolehan informasi dan aturan untuk menggunakan informasi),
penalaran (menggunakan aturan untuk mencapai kesimpulan perkiraan atau pasti), dan koreksi diri.
aplikasi tertentu AI termasuk sistem pakar, pengenalan suara dan visi mesin.
b.      Saran : 
Selanjutnya untuk mendalami materi Artificial Intelligence dengan membaca sumber-sumber yang
tersedia di buku maupun internet , dan melakukan praktikum mandiri.
> - Fullname : Nadia Ayu Lestari Arifin > - Nickname : Nadia > - NPM : 1144002 > - Class : D4 TI 3C > - Department : Informatics Engineering > - Collage : Politeknik Pos Indonesia
§  Link Github          : https://github.com/D4TI3C/Nadia-Ayu-Lestari-1144002
§   Referensi              : http://searchcio.techtarget.com/definition/AI
§  Scan Plagiarisme  :
1.      Searchenginereports
2.      Smallseotools    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar